Sabtu, 11 Februari 2012

5 negara maju didunia


 
Republic of Korea yang sering kita sebut Korea Selatan ini letaknya sangat dekat dengan Jepang. Korea Selatan juga merupakan negara kecil, eitss .. ini dari segi geografisnya. Dalam segi yang lain? Jangan salah! Negara empat musim ini juga salah satu negara maju di dunia lho!!

Korea Selatan kan negara, berarti punya kota besar dong? Jelas punya! Kali ini, kita kupas mengenai empat kota metropolitannya Korea Selatan

Korea Selatan kan negara, berarti punya kota besar dong? Jelas punya! Kali ini, kita kupas mengenai empat kota metropolitannya Korea Selatan

Picture
Salah satu distrik Seoul City yang sedang sibuk
1.     Seoul

Siapa sih yang nggak tau Seoul? Kalau kita tau Korea Selatan, pasti kita langsung tau “Oh, Korea Selatan itu kan Seoul..” Seoul ini adalah ‘Jakarta’nya Korea Selatan. Di Seoul, tentu saja perdagangan, entertainment, perkantoran dll sangat banyak menyebar di Seoul.

Picture
Beautiful Night View in the Beach
2.     Busan

Kota metropolitan kedua di Seoul adalah Busan. Busan adalah kota pelabuhan yang terletak di tenggara Korea Selatan bahkan, Busan ini termasuk dalam 3 kota dengan pelabuhan tersibuk di dunia !! Busan terletak di muara Sungai Nakdong, yang mengalir sepanjang 700 km dari pedalaman Semenanjung Korea. Dan tau nggak sih kaliaan, Busan itu tuan rumahnya Asian Game tahun 2002 dan Piala Dunia FIFA 2002!

Karena Busan ini kota pelabuhan, Busan dikelilingi laut dari 3 sisi. Di Busan ada Oryukdo alias Pulau Lima-Enam, Taejongdae alias kawasan yang banyak karangnya dan bebatuan berbentuk unik seperti Sinseonbawi dan Mangbuseok. Menurut kepercayaan setempat, Sinseonbawi adalah tempat singgahnya dewa-dewa, sementara Mangbuseok adalah wanita yang membatu karena menunggu suaminya yang tak kembali ke daratan. Ada juga kuil Beomeosa, pantai Yongdusan dan pasar Jagalchi yang merupakan pasar ikan terbesar di Korea Selatan.

Picture
Incheon International Airport
3.     Incheon

Siapa yang pernah mengunjungi Korea Selatan dengan pesawat, tapi kalian turunnya bukan di Seoul? Nah, kalian pasti turunnya di bandara super mewah dan bagus. Tau nggak sih kalian itu dimana? Ya di Incheon!

Incheon juga kota pelabuhan, tapi nggak sebesar di Busan. Dan yang lebih penting lagi, di Incheon terdapat Bandar Udara Internasional Korea Selatan, dan sekarang ini menjadi salah satu bandara terbaik di dunia! Incheon juga salah satu tuan rumah Piala Dunia FIFA 2002. Dalam bidang ekonomi, Incheon adalah salah satu kota penting dari dua Zona Ekonomi Bebas Korea Selatan. Incheon berfungsi sebagai zona bisnis dan finansial bersama dengan Zona Ekonomi Bebas Busan.

Incheon dibagi menjadi 8 distrik atau ‘Gu’ dan kabupaten ‘Gun’. Yaitu : Bupyeong-gu, Dong-gu, Gyeyang-gu, Jung-gu, Nam-gu, Namdong-gu, Seo-gu, Yeonsu-gu, Ganghwa-gun dan Ongjin-gun.

Picture
Daegu Stadium
4.     Daegu

Kota Metropolitan keempat Korea Selatan adalah Daegu. Daegu adalah gudangnya tekstil, logam dan mesin di Korea Selatan dan terkenal juga di kawasan Asia Timur. Di Daegu, ada beberapa festival ang dirayakan oleh penduduk Daegu, antara lain adalah  Festival Tekstil, Yangnyeongsi, Dongseongno dan Dalgubeol.

Tentu saja Daegu yang merupakan kota tekstil menginginkan eksistensinya tetap meningkat di dalam maupun luar negeri, karena itulah Festival Tekstil diadakan. Festival Yangnyeongsi adalah festival yang dilaksankan tiap bulan Oktober di Jalan Yakjeon-golmok, pusat kota Daegu, dimana klinik-klinik pengobatan tradisional berhadap-hadapan di sepanjang jalan dan saling beradu dalam merajang ramuan tradisonal. Festivel ini cukup unik karena kita hanya bisa menemukannya di Daegu. Festival Dongseongno diadakan di Jalan Dongseongno pusat kota Daegu tiap bulan Mei. Terdapat berbagai macam pertunjukkan tradisional dan penampilan para artis selama berlangsungnya festival ini. Dan yang terakhir adalah Festival Dalgubeol yang merupakan festival terbesar di Daegu yang dilaksanakan pada bulan Oktober. Di dalamnya terdapat adu kerbau, pertunjukkan fashion, kontes menyanyi, dan berbagai macam pameran tradisional.

Nah, itulah big four metropolitan citynya Korea Selatan. Walaupun kota metropolitan, tapi kemacetan, sampah berserakan, pencopetan sangat minim lho. So, kenapa kita nggak mencontoh sikap disiplin mereka supaya Indonesia juga menjadi negara maju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar